Aku Akan Setia, Seperti Buaya :D

Wow…apa hubungannya buaya dengan kesetiaan? Bukannya kalo laki-laki yang suka gombal itu disebut “Buaya”? jadi berbanding terbalik dunk?

Hehehehe, entah yang mana yang keliru…kalo menurut penulis sih, itu cuma lantaran perbedaan pandangan😀

Kalo laki-laki disebut buaya karena gombalnya, mungkin karena sama dengan sifat buaya yang melahap buruannya dengan terlebih dahulu diintai, seolah ingin tahu lebih dekat, padahal sih…mau di caplok,HAP!! Dan mungkin juga karena airmatanya… Lho kok? Iyah, kalo buaya mengeluarkan airmata, itu bukan karena mereka sedang sedih, tapi itu adalah bentuk penyesuaian tubuh untuk mengeluarkan kelebihan garam. Dari sinilah timbul istilah “air mata buaya” alias air mata palsu, hehehehe…

Hmm…itu bedanya dengan orang-orang tua kita,😀 filosofi mereka justru lebih kuat dan sangat mendasar…Buaya menjadi lambang kesetiaan,karena buaya hanya akan kawin dengan satu pasangan saja dalam hidupnya, hu…so sweet…Itulah kenapa dimasyarakat betawi, buaya menjadi simbol yang selalu diikutsertakan dalam upacara pernikahan dan dihadirkan dalam bentuk roti.

Roti buaya selain memiliki makna kesetiaan juga menjadi perlambang kesabaran (karena buaya sabar mengintai buruan), lambang kejantanan (siapa yang ngga setuju untuk yang satu ini :D) dan juga lambang kemapanan, itu karena dulu orang jarang yang bisa makan roti, karena roti yang adalah juga makanan orang eropa (dulunya) mahal harganya dan sulit pembuatanya. Itu pula yang mendasari aturan bahwa roti buaya harus dalam keadaan baik, tanpa cacat sewaktu sampai kekediaman mempelai wanita (iyalah, udah mahal,susah pula buatnya), walaupun sekarang roti buaya relatif mudah mendapatkanya dan dengan harga yang relatif murah (tergantung ukuran dan bahan yang digunakan).

 

Setelah acara akad nikah selesai, roti ini dibagikan kepada sanak keluarga yang belum menikah, dengan harapan agar secepatnya menyusul ke pelaminan. Tuh kan, kalo orang barat punya lempar bunga kita juga punya “lempar buaya”😀

Gambar : Google Images

About undanganpro

Pelayanan jasa undangan murah, bagus, dan ga ribet...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: